Layer 1 berkaitan dengan konektivitas fisik dari perangkat jaringan.
Permasalahan layer 1 sering melibatkan kabel dan listrik, dan merupakan
alasan untuk memanggil help desk. Beberapa umum layer 1 meliputi :
- Daya perangkat mati
- Daya perangkat dicabut
- Koneksi jaringan kabel yang longgar
- Jenis kabel yang salah
- Kabel jaringan yang rusak
- Titik akses nirkabel rusak
- Pengaturan nirkabel yang salah, misalnya SSID
Untuk
memecahkan masalah pada Layer 1, periksa dulu bahwa semua perangkat
listrik telah menyala. Hal ini mungkin tampaknya menjadi solusi
yang jelas, tetapi banyak kali orang yang melaporkan masalahnya
mungkin mengabaikan perangkat yang berada dalam jalur jaringan
dari sumber ke tujuan. Jikaada LED yang menampilkan status
keterhubungan, mem verifikasi dengan pelanggan bahwa mereka
sedang menandakan secara benar. Secara visual memeriksa semua
pemasangan kabel jaringan dan menyambung kembali kabel untuk memastikan
koneksi yang benar. Jika masalahnya adalah dengan nirkabel, pastikan
titik akses nirkabel operasional dan bahwa pengaturan nirkabel
dikonfigurasi dengan benar.
Ketika
sedikit troubleshooting suatu masalah, teknisi harus menasihati
pemanggil melalui setiap langkah, apa yang harus dicari, dan apa yang
harus dilakukan jika kesalahan ditemukan. Jika itu ditentukan bahwa
semua Layer 1 terbitan telah ditujukan, sekarang saatnya untuk bepergian
atas, model OSI ke Layer 2. Ketika sedikit troubleshooting suatu
masalah, teknisi harus segera memberi tahu penelepon melewati setiap
langkah, apa yang harus dicari, dan apa yang harus dilakukan Jika suatu
kesalahan ditemukan.
0 komentar:
Posting Komentar